Kamis, 17 Oktober 2013

PENGERTIAN DAN SEJARAH MOBILE FORENSIK



Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan sejarah mobile forensik, baiklah tanpa banyak basa basi saya akan menjelaskan itu semua, kita mulai dari pengertian mobile forensik sebagai berikut



 PENGERTIAN MOBILE FORENSIK
Forensik perangkat mobile merupakan cabang dari forensik digital yang berkaitan dengan pemulihan bukti digital atau data dari perangkat mobile di bawah kondisi forensik suara. Perangkat selular frase biasanya mengacu pada ponsel, namun juga bisa berhubungan dengan perangkat digital yang memiliki memori internal yang baik dan kemampuan komunikasi, termasuk perangkat PDA, perangkat GPS dan komputer tablet. Penggunaan ponsel dalam kejahatan secara luas diakui untuk beberapa tahun, tetapi studi forensik perangkat mobile adalah bidang yang relatif baru, berasal dari awal 2000-an. Sebuah proliferasi ponsel (terutama smartphone) di pasar konsumen menyebabkan permintaan untuk pemeriksaan forensik dari perangkat, yang tidak dapat dipenuhi oleh teknik komputer forensik yang ada. Perangkat mobile dapat digunakan untuk menyimpan beberapa jenis informasi pribadi seperti kontak, foto, kalender, dan catatan, SMS dan pesan MMS. Smartphone tambahan mungkin berisi informasi video, email, webbrowsing, informasi lokasi, dan pesan jaringan sosial dan kontak.
Forensik perangkat mobile dapat sangat menantang pada sejumlah tingkat. Tantangan pembuktian dan teknis yang ada, misalnya; sel situs analisis lanjutan dari penggunaan cakupan penggunaan telepon selular, bukan ilmu pasti. Akibatnya, sementara itu adalah mungkin untuk menentukan kira-kira zona cell situs dari mana panggilan dibuat atau diterima, itu belum mungkin untuk mengatakan dengan tingkat kepastian, bahwa panggilan telepon selular terpancar dari lokasi tertentu misalnya alamat tempat tinggal.
  • Untuk tetap kompetitif, produsen peralatan asli sering mengubah faktor bentuk ponsel, struktur sistem operasi file, penyimpanan data, layanan, peripheral, dan bahkan pin konektor dan kabel. Akibatnya, pemeriksa forensik harus menggunakan proses forensik yang berbeda dibandingkan dengan komputer forensik.
  • Kapasitas penyimpanan terus tumbuh berkat menuntut lebih kuat perangkat jenis “komputer mini”.
  • Tidak hanya jenis data tetapi juga cara perangkat mobile yang digunakan terus-menerus berkembang.
Sebagai hasil dari tantangan ini, berbagai macam alat yang ada untuk mengekstrak bukti dari perangkat mobile, tidak ada satu alat atau metode dapat memperoleh semua bukti dari semua perangkat. Oleh karena itu disarankan bahwa pemeriksa forensik, terutama mereka yang ingin memenuhi syarat sebagai saksi ahli di pengadilan, menjalani pelatihan ekstensif untuk memahami bagaimana setiap alat dan metode memperoleh bukti, bagaimana ia mempertahankan standar untuk kesehatan forensik, dan bagaimana memenuhi persyaratan hukum seperti Daubert standar atau Frye standar.Sebagai hasil dari tantangan ini, berbagai macam alat yang ada untuk mengekstrak bukti dari perangkat mobile, tidak ada satu alat atau metode dapat memperoleh semua bukti dari semua perangkat. Oleh karena itu disarankan bahwa pemeriksa forensik, terutama mereka yang ingin memenuhi syarat sebagai saksi ahli di pengadilan, menjalani pelatihan ekstensif untuk memahami bagaimana setiap alat dan metode memperoleh bukti, bagaimana ia mempertahankan standar untuk kesehatan forensik, dan bagaimana memenuhi persyaratan hukum seperti Daubert standar atau Frye standar.
SEJARAH MOBILE FORENSIK
Sebagai bidang studi pemeriksaan forensik perangkat mobile berasal dari akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an. Peran ponsel dalam kejahatan sudah lama diakui oleh penegak hukum. Dengan peningkatan ketersediaan perangkat tersebut di pasar konsumen dan array yang lebih luas dari platform komunikasi mereka mendukung (seperti : email, webbrowsing) permintaan untuk pemeriksaan forensik tumbuh. Upaya awal untuk memeriksa perangkat mobile menggunakan teknik yang mirip dengan investigasi forensik komputer pertama. Menganalisis isi telepon langsung melalui layar dan memotret konten penting. Namun, hal ini terbukti menjadi proses yang memakan waktu, dan sebagai jumlah perangkat mobile mulai meningkat, peneliti meminta cara yang lebih efisien penggalian data. Enterprising pemeriksa forensik ponsel kadang-kadang digunakan ponsel atau perangkat lunak sinkronisasi PDA untuk "backup" data perangkat ke komputer forensik untuk pencitraan, atau kadang-kadang, hanya dilakukan forensik komputer pada harddrive dari komputer tersangka dimana data telah disinkronkan. Namun, perangkat lunak jenis ini bisa menulis ke telepon serta membacanya, dan tidak bisa mengambil data dihapus.
Beberapa pemeriksa forensik menemukan bahwa mereka bisa mengambil data bahkan dihapus dengan menggunakan "flasher" atau "twister" kotak, alat yang dikembangkan oleh OEM untuk "flash" memori telepon untuk debugging atau memperbarui. Namun, kotak flasher yang invasif dan dapat mengubah data, agak rumit untuk digunakan, dan, karena mereka tidak dikembangkan sebagai alat forensik, melakukan verifikasi hash atau tidak (dalam banyak kasus) audit. Untuk pemeriksaan forensik fisik, karena itu alternatif yang lebih baik tetap diperlukan.
    Untuk memenuhi tuntutan tersebut, muncul alat komersial yang memungkinkan pemeriksa untuk memulihkan memori telepon dengan gangguan minimal dan menganalisis secara terpisah. Seiring waktu teknik komersial telah dikembangkan lebih lanjut dan pemulihan data yang dihapus dari perangkat mobileproprietary telah menjadi mungkin dengan spesialis beberapa alat. Selain itu, alat komersial bahkan otomatis banyak proses ekstraksi, rendering itu mungkin bahkan untuk responden pertama minimal dilatih, yang saat ini jauh lebih mungkin untuk menghadapi tersangka dengan perangkat mobile yang mereka miliki, dibandingkan dengan komputer untuk melakukan ekstraksi dasar untuk triase dan tujuan data yang pratinjau.

Untuk artikel lengkap mengenai mobile forensik bisa dilihat pada link dibawah ini:

Referensi : 
http://orida-orida.blogspot.com/2012/10/mobile-forensik.html
http://bukanbasoo.blogspot.com/2011/11/storage-pada-mobile-device.html
http://www.paraben.com
http://www.msab.com
http://otnielwindwalk.wordpress.com/2011/10/31/tools-pada-mobile-forensik/
http://agustbrownies.blogspot.com/2011/11/tools-pada-mobile-forensik.html
http://tiarstudent.wordpress.com/2012/11/06/pengertian-mobile-forensik/
http://cipudputricipud.blogspot.com/2012/10/mobile-forensik.html
http://zeprikuswandi.blogspot.com/2012/11/sejarah-mobile-forensik.html
http://afrilian-50408043.blogspot.com/2011/11/mobile-forensik-part-1-pengertian.html
http://tulangbelulang.wordpress.com/2012/11/07/tools-pada-mobile-forensik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar